Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Minat Berkunjung di Terminal Wisata Grafika Cikole
DOI:
https://doi.org/10.32659/jmp.v3i2.372Keywords:
Promotion, Brand, Visiting Interest, Terminal Wisata Grafika CikoleAbstract
The research was conducted at Terminal Wisata Grafika Cikole, located at Jl. Raya Tangkuban Parahu No KM 8, Cikole, Kec. Lembang, Bandung Barat Regency, West Java. The title of the research is "The Influence of Promotion and Brand on Visiting Interest at Terminal Wisata Grafika Cikole" using quantitative methods of multiple linear regression analysis and descriptive and verificative analysis. The independent variables are Promotion and Brand, and the dependent variable is Visiting Interest. The sample size used is 100 respondents. The research objective is to determine the influence of independent variables on the dependent variable. The results of the instrument test indicate that all questionnaire statements are valid and reliable. The descriptive research results show that Promotion, Brand, and Visiting Interest are all categorized as "Good". Verificative analysis results show that the Promotion and Brand variables have a positive and significant influence on Visiting Interest both partially and simultaneously. The coefficient of determination or R2 value is 65.80%, and the remaining (34.20%) is influenced by other variables outside of this study.
References
Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga A.,
Anwar. S;Kurdi. M. (2021) Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Amanda Café Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Management and Business Strategy. 2(1).
Ayu, Jati Paras. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, Vol. 26, no.3, pp. 223-232.
Blain, C., Levy, S., & Ritchie, JRB. 2005. Destination branding: Insights and practices from destination management organization. Journal of Travel Research. vol. 43, no. 4, pp. 328-338.
Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta, 2018), 183.
Buchari, A. (2007). Manajemen Penjualan dan Pemasaran Jasa. Bandung. alfabeta.
DL Tambunan. (2016). Pengaruh Social Media terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara ke DKI Jakarta. Sekolah Tinggi Pariwisata.
F, Tjiptono; A Diana. (2020). Pemasaran. Andi Yogyakarta.
Fadli Harisa Ramadhan, “Pemanfaatan Media sosial Instagram @MR.CREAMPUFF, Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan”, (Skripsi, Universitas Riau, 2017).
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
Herlina, H., & Diputra, T. T. (2018). Implementasi Rumus Sobel pada Web dengan Topik Regresi Linier menggunakan Variabel Intervening. Jurnal Algoritma, Logika Dan Komputasi, 1(1), 19– 2 4
Inayah, F. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Atribut Produk Pariwisata Terhadap Keputusan Pengunjung. 11–12.
Janatin, N. (2017). Pengaruh Digital Marketing, Produk Wisata, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Wisata Pantai Klayar Di Kabupaten Pacitan). Jurnal Ilmiah FEB. Vol. 5. No 2.
Jannah, B, dkk. (2014). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Banyuwangi. Jurnal Admistrasi Bisnis. Vol. 17. No. 1 Desember 2014.
Kominfo. (2021). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2021. Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. http:// aptika.kominfo.go.id. (Online). (Diakses pada tanggal 20 Oktober 2022)
Kotler, Philip; Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9.
Jakarta: Erlangga.
Kotler;Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga.
Lukman, M. D. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 64–81.
Lubis, Y., Hermanto, B., Edison, E. (2018). Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Maoyan et al. 2014.”Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing”. International Journal Of Business and Social Science. Vol 5 No.10 (1), p. 92-97.
Massie, P. C., et al. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Rumah Alam Manado Adventure Park. Jurnal EMBA. 10(4), 13-24.
Muksin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E- Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). TEKNOKOM, 2 (1).
Mulyana. H (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Minat Berkunjung di Saung Angklung Udjo Bandung. Jurnal Manajemen dan Pariwisata 2 (2), 188-208.
Muljadi. (2012). Kepariwisataan dan Perjalanan. PT Raja Grafindo Persada.
Nafis, R. (2020). Pengaruh Citra Destinasi dan Kepercayaan Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Wisatawan Domestik di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 40–45.
Napitupulu, R, O. Et al. (2021). Pengaruh Berkunjung, Citra Destinsi, dan Word of Mouth yang Mempengaruhi Terhadap Minat Kunjungan Ulang dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening di Pantai Tanjung Siambang. Student Online Journal, Vol: 2.
Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269.
P Kotler, G Armstrong, SH Ang, SM Leong, C. T. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective.
Pitana, I. G. dan P. G. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. CV Andi Offset.
Prasetyo. C. I. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Yang Dimediasi Oleh Respon Emosional Pada Pulau Pahawang.
Prima. M. D. E., & Wagini. (2018). Pengaruh Electronic Worth of Mouth Dan Citra Destinasi. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September 2018), 479– 484.
Purwana;Rahmi;Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UM-KM) di Kelurahan MalakaSari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol 1 No 1.
Ratu, C., & Adikampana, I. M. (2016). Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata,4(1), 60.
Reisinger, Y. 2009. International Tourism: Cultures and Behavior. Oxford: Elsevier Ltd.
Sanjaya, R. & J. T. (2009). Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo.
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H., Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business. SPi Global.
Sholikha, E. A., & Sunarti. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @Batuflowergarden.Cobanrais). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 70(1),11–18.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus. PT. Buku Seru.
Sutiksno, dkk. (2020). Tourism Marketing. Yayasan Kita Menulis.
Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun (2009) & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 Tentang Kepariwisataan. Bandung: Citra Umbara.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81.
Yahya, A. (2019). Siaran Pers : Industri Pariwisata Diminta Siapkan Diri Hadapi Tourism 4.0.
Yanti, D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir. Jurnal Darma Agung, XXVII(April), 814–821.
Yoeti, A. Oka. (2005). Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata.
Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Yoeti, O. A (2006). Ilmu Pariwisata Jakarta: PT.Perca
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.