FAKTOR-FAKTOR (MUSLIM-FRIENDLY AMENITIES & LIFESTYLE DAN SERVICE QUALITY) YANG MEMPENGARUHI HALAL TRAVEL INTENTION KE INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.64

Abstract

Pemilihan Pariwisata Halal sebagai sektor unggulan ini dikarenakan kondisi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar didunia mencapai 85%. Namun, peneliti dan praktisi sebelumnya yang telah melakukan penelitian mengenai destinasi wisata halal kurang memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Halal Travel Intention. Untuk menjembatani kesenjangan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor-faktor (Muslim-friendly Amenities & Lifestyle dan  Service Quality) terhadap Halal Travel Intention ke Indonesia. Penilitian ini menggunakan teori Muslim-friendly Amenities and Lifestyle, Service Quality dan Halal Travel Intention.  Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian berupa pendekatan korelasi studi deskriptif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability jenis purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 100 responden. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan software IBM SPSS 23. Metode analisis yang digunakan yaitu uji Analisis Regresi Linier Berganda.

Berdasarkan hasil Uji Analisis Regresi Linier Berganda, diperoleh hasil nilai koefisien regresi bernilai positif, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor Muslim-friendly Amenities & Lifestyle (X1) dan faktor Service Quality (X2) berpengaruh positif terhadap faktor Halal Travel Intention (Y) ke Indonesia.

 

Kata Kunci:   Muslim-friendly Amenities & Lifestyle, Service Quality, Halal Travel Intention

References

Astini & Sulitiyowati. (2018). Pengaruh Destination Image, Travel Motivation dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus pada Wisatawan Nusantara Muslim di Pantai Carita Pandeglang Banten)

Aviolitasona. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging, Boyolali.

Isa et al., 2018. Muslim tourist perceived value: a study on Malaysia Halal

Tourism Graduate School of Business, University Sains Malaysia, Gelugor, Malaysia.

Kemenparekraf. 2013. Indonesia & Moslem Friendly Destination (Buku Panduan)

Nassar et al.,. (2015). Factors Influencing travel to Islamics destinations: an empirical analysis of Kuwaiti nationals

Sopyan. (2015). Analisis Pengaruh daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu), Semarang.

Turnbull & Wingett. 2016. Halal Holidays: exploring expectations of Muslim-

friendly holiday. University of Portsmouth and Department of Marketing, Portsmouth Business School, Portsmouth, UK.

Jualan Pariwisata, Ini yang Harus Dilakukan Pelaku Industri. Di akses pada 17

April 2019. Dari:https://wisata.harianjogja.com/read/2019///03/28/504/981228/jualan-pariwisata-ini-yang-harus-diperhatikan-pelaku-industri

Negara dengan Jumlah Penduduk Islam Terbanyak di Dunia. Di akses

pada 17 April 2019. Dari: https://ilmupengetahuanumum.com/10-negara-dengan-jumlah-penduduk-islam-terbanyak-di-dunia/

Akses Transportasi Jadi Kendala Wisatawan. Di akses pada 17 April 2019.

Dari:https://www.beritasatu.com/home/86006/akses-transportasi-jadi-kendala-wisatawan

Published

2019-12-24

How to Cite

FAKTOR-FAKTOR (MUSLIM-FRIENDLY AMENITIES & LIFESTYLE DAN SERVICE QUALITY) YANG MEMPENGARUHI HALAL TRAVEL INTENTION KE INDONESIA. (2019). Tourism Scientific Journal, 5(1), 34-47. https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.64

Issue

Section

Articles