PENERAPAN METODE PERAMALAN RUNTUT WAKTU DALAM MENENTUKAN TARGET TINGKAT HUNI KAMAR DI HOTEL EL CAVANA BANDUNG

Authors

  • Zulkifli Harahap Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v2i1.16

Abstract

Sebagai sebuah bentuk usaha komersil, tentunya hotel berusaha mendapatkan pendapatan yang sebesar-besarnya. Pada usaha akomodasi seperti hotel, pendapatan yang diterima umumnya berasal dari 3 departemen, yaitu:
Rooms Department, Food and Beverage Department, dan Minor Operating Department , seperti: Telephone, Business Centre, Leisure Activities, Spa dan lain sebagainya. Kamar sebagai core product dari sebuah hotel dimana dalam menentukan besar kecilnya tingkat pendapatan yang diterima dari Room Department, dapat dilihat dari pendekatan Occupancy Rate, Average Room Rate, serta REVPAR (Revenue per Available Room). Pada setiap hotel secara umumnya, Rooms Department menyumbang pendapatan yang sedemikian besar bagi pendapatan hotel secara keseluruhan.
Demikian juga khususnya bagi pihak manajemen Hotel EL Cavana Bandung. Dalam mengukur pendapatan tersebut, terlebih dahulu kita dapat melihat melalui seberapa besar jumlah kamar yang terjual dalam suatu periode waktu tertentu. Untuk mencermati keberhasilan penerapan forecast yang telah dibuat sebelumnya terhadap besar aktual yang dicapai, sederhananya kita dapat
melihat sejauh mana besar perbedaan dari masing-masing variabel tersebut, atau yang biasa disebut varian (variance).

Published

2017-01-30

How to Cite

Harahap, Z. (2017). PENERAPAN METODE PERAMALAN RUNTUT WAKTU DALAM MENENTUKAN TARGET TINGKAT HUNI KAMAR DI HOTEL EL CAVANA BANDUNG. Tourism Scientific Journal, 2(1), 27-55. https://doi.org/10.32659/tsj.v2i1.16