PERAN TRAVEL BLOGGER DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI INDONESIA

Authors

  • Dini Salmiyah Fithrah Ali Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University
  • Itca Istia Wahyuni Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v2i2.29

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak perubahan dalam pola komunikasi. Salah satu komunikasi massa yang banyak terpengaruh oleh teknologi adalah media massa dengan munculnya new media. Keberadaan new media mencakup teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang saling melengkapi melalui media internet, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang banyak digunakan adalah blog. Berbagai jenis blog muncul, salahsatunya adalah travel blog. Travel blog berisikan informasi mengenai tempat pariwisata. Banyak blog berisikan rekomendasi tempat pariwisata serta foto lokasi pariwisata tertentu ditambahkan dengan kisah personal yang mampu memberikan nilai tambah dalam menceritakan keindahan alam Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran travel blogger dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Peneliti melakukan wawancara dengan narasumber utama dan pendukung untuk mendapatkan data valid yang kemudian dianalisa oleh peneliti agar dapat dideskripsikan menjadi sebuah hasil penelitian yang menarik dan temuan yang akan berguna untuk kementrian pariwisata Indonesia dan industri pariwisata secara umumnya.

 

Kata Kunci: Blog, Blogger, Travel, Pariwisata, Media Sosial, Kementrian

                      Pariwisata

Published

2017-09-04

How to Cite

Fithrah Ali, D. S., & Wahyuni, I. I. (2017). PERAN TRAVEL BLOGGER DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI INDONESIA. Tourism Scientific Journal, 2(2), 192-212. https://doi.org/10.32659/tsj.v2i2.29

Most read articles by the same author(s)