MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PARIWISATA BAGI GENERASI Z DI KABUPATEN GARUT

Authors

  • E. Trihayuningtyas Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • W. Wulandari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • Y. Adriani Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • S. Sarasvati Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media sosial dapat dijadikan sebagai sarana informasi khususnya di Kabupaten Garut.Penelitian ini juga menganalisa media sosial apakah yang menjadi pilihan bagi wisatawan generasi Z yang merupakan pasar potensial dan sedang berkembang.Penelitian ini menyasar pada wisatawan yang berada pada kategori generasi Z dimana rentangan usia 17 sampai 28 tahun dan sudah memiliki pengalaman berkunjung ke Kabupaten Garut dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online. Observasi lapangan dan wawancara juga dilakukan pada penelitian ini untuk melihat kondisi aktual dari perkembangan wisata di Kabupaten Garut khususnya yang berkaitan dengan penyediaan sarana informasi dan promosi.Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 21 menunjukkan jika media sosial merupakan sarana informasi dan promosi yang sangat sesuai untuk wisatawan generasi Z di bidang pariwisata dan Instagram merupakan pilihan yang utama.Oleh karena itu pemerintah daerah Kabupaten Garut khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut sebagai pembuat kebijakan harus dapat merangkul pasar wisatawan generasi Z dengan cara mempertimbangkan habitual mereka terhadap penggunaan media sosial.

References

https://tirto.id/selamat-tinggal-generasi-milenial-selamat-datang-generasi-z-cnzX

Kurniawati, Novi. 2017. Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. .Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. (online), 2943-7984-1-PB. 2017.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan, Jilid 2, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ketigabelas, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Nrayung R. 2012. Perilaku Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial (Facebook) di SMAN 2 Surabaya. [skripsi]. [internet]. [diunduh tanggal 20 Juni 2016]. Dapat diunduh di: http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jurnal- riajeng.doc

Rangkuti, Freddy., 2010. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Salamoon DK. 2013. Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya di Dunia Maya [skripsi]. [internet]. [diunduh tanggal 20 Januari 2016]. http://repository.petra.ac.id/16642/1/Publikasi1_10021_1481.pdf

Samsi SN. 2005. Hubungan keterdedahan siaran iklan produk susu balita di televisi dengan keputusan pembelian (kasus ibu rumah tangga di perumahan Villa Bogor Indah).[Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. 98 hal.

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor [ID]: Ghalia Indonesia.

Sumarwan U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor [ID]: Ghalia Indonesia.

Wulandari YS. 2015. Efektivitas promosi melalui twitter pada perusahaan pariwisata bahari “ibu penyuâ€. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Published

2019-01-26

How to Cite

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati, S. (2019). MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PARIWISATA BAGI GENERASI Z DI KABUPATEN GARUT. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1-22. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46

Issue

Section

Articles