PENGARUH CITRA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Authors

  • septy indrianty STIEPAR YAPARI BANDUNG
  • Aulia Rahma STIEPAR YAPARI BANDUNG

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.78

Abstract

Gedung Museum Geologi Bandung merupakan gedung  bergaya art deco terletak di Jl. Diponegoro, Bandung, suatu Gedung yang memiliki seni yang bernilai tinggi dan dilindungi oleh undang-undang. Saat ini Gedung museum Geologi ini dijadikan salah satu tujuan wisata budaya. Penulis melakukan penelitian di Gedung Museum Geologi Bandung ini fokus pada variabel Citra sebagai variabel independen, dan Variabel Keputusan berkunjung sebagai variabel dependen, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian (analisis deskriptif) menunjukkan bahwa, Citra Museum Geologi Bandung dalam katagori baik, rata-rata 3,97, dan Keputusan Berkunjung katagori baik rata-rata 3,73 (dari skala 1 sampai dengan 5). Sedangkan hasil analisis verifikatif menunjukkan total pengaruh sebesar 0,602 (60,20%), ini menunjukan bahwa masih ada pengaruh lain yang belum diteliti sebesar 0,398 (39,80%). Serta, tingkat signifikansinya 0,00 < 0,05, dengan kata lain bahwa variable Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung.

 

Kata Kunci: Citra, Keputusan berkunjung, Museum Geologi Bandung

References

Arafat, wilson. 2006. Behind a Powerfull Image. Yogyakarta: Andi Offset

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps.

Kotler. & Keller. (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Keller, K. L. (2003). Strategic brand manajemen, Second Edition, Prentice Hall.

Lubis, Y., Hermanto, B., & Edison, E. (2018). Manajemen Dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Setiadi. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Pitana, I Gde dan Putu G. Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Putra, G.B.S., Kumadji, S., Hidayat, K. (2015). Pengaruh citra perusahaan terhadap minat berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 26 No.2

Rombe, Elimawaty. 2009. Loyalitas Pelanggan dan Variabel yang Mempengaruhinya. Bandung : UNPAD PRESS

Rizan, M., Handayani, K.L., & Agung Kresnamurti R.P. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 6 No. 1

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-12-24

How to Cite

indrianty, septy, & Rahma, A. (2019). PENGARUH CITRA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG. Tourism Scientific Journal, 5(1), 115-127. https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.78

Issue

Section

Articles