Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Wargi Bogor

Penulis

  • Riani Prihatini Ishak Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v7i2.178

Kata Kunci:

Promotion, Social Media, Purchase Decision, Wargi Coffee Shop Bogor

Abstrak

The development of marketing digitalization has increased significantly, this is applied to business actors, namely Kedai Kopi Wargi Bogor, which markets their products and businesses through social media. This study aims to determine the effect of social media promotion on purchasing decisions at Kedai Kopi Wargi Bogor. The research method used is a quantitative study with a population of social media consumers at Kedai Wargi Bogor using a questionnaire and assessed using a Likert scale and statistically analyzed. The results showed that promotion had a strong influence and correlation with Purchase Decisions at the Wargi Coffee Shop, Bogor. This can be seen from the R2 value obtained, indicating that promotions affect Purchase Decisions at the Wargi Coffee Shop, Bogor by 50.3% and the remaining 49.7% is influenced by other variables not assessed.

Referensi

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson 2013, Perilaku Kosumen & Strategi Pemasaran. Edisi 9, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta

Santoso, S. (2017). Statistik multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sugiarto. Tonny dan Djoko Sudibyo. Metode Penelitian Hospitality Pariwisata. Tangerang. PT Matana Publishing Utama. 2015

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016

Sitorus, O. Fdan Utami, N. 2017. Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: UHAMKA.

Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Agung Anugerah, H. A. T. A. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Untuk Menginap di Capoalaga Adventure Camp.

Batubara, A., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).

Hidayati, N. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shape Shape Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Saputri, D. A. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi, Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Tempat Wisata Di Sindu Kusuma Edupark Sleman (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. RISK: Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(1), 36-46.

Zadi, B. S., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata Pada Kotoba Tour and Travel Blitar. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(03).

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Prihatini Ishak, R. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Wargi Bogor. Tourism Scientific Journal, 7(2), 187-199. https://doi.org/10.32659/tsj.v7i2.178