PENGARUH FAKTOR GEOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA BANDUNG

Penulis

  • K. Krimayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enok Maryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lili Somantri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.49

Kata Kunci:

Sosial Media, Pariwisata, Generasi Z

Abstrak

Kota Bandung sebagai destinasi wisata sudah dikenal sejak dulu. Sekarang ini jumlah wisatawan [un terus meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor geografis apayang mempengaruhi keputusan berkunjung ke Kota Bandung. penelitiandilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survey. Populasi adalah wisatawan yang datang ke Kota Bandung.Sampel yang diambil melalui accidental sampling ber 150 orang yang tersebar di 10 objek wisata.Data diambil melalui kuesioner dan diolah melalui regresi.Hasil penelitian menunjukkan wisatawan yang datang didominasi oleh wisatawan produktif, pendidikan SMA, pekerjaan beragam (swasta, negeri, belum bekerja/pelajar), penghasilan menengah ke atas, dan tujuan berkunjung untuk rekreasi menikmati berbagai keramaian kota, kuliner dan belanja.  Wisatawan umumnya memiliki loyalitas yang tinggi sebagai pengunjung (> 4 kali).Faktor geografi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, berdasarkan urutan kontribusi maka diferensiasi area, nilai kegunaan, aksesibilitas dan lokasi secara berturut-turut memberikan kontribusi tertinggi sampai terkecil.Faktor lokasi yang berupa kemacetan lalu lintas, keberadaan tempat parkir, keamanan di area parkir menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan wisatawan di objek wisata.Penataan ruang di kawasan objek wisata dan transportasi perlu dilakukan agar tidak banyak waktu wisatawan terbuang akibat kemacetan lalu lintas dan pencarian tempat parkir.

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2016. Kota Bandung dalam Angka 2012-2016. https://bandungkota.bps.go.id/. (Diakses pada 24April 2017)

Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko.(2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Hermansyah dan Waluya B (2012). Analisis faktor – faktor Pendorong Motivasi Wisatawan Nusantara Terhadap Keputusan Berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 2(1).hlm 2012 – 267.

Kementerian Pariwisata. 2015. 1. http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=7&id=2900. Diakses tanggal 24 April 2017.

Kotler dan Amstrong.(2012). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Lapian dkk.(2015). Pengaruh Adversisting dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Mengunjungi Objek Wisata Pantai Firdaus Di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA. 3(3). Hlm 1079 – 1088.

Maryani. (2005). Struktur Keruangan Pariwisata, Makalah.

Milinillo dan Japutra. (2016). Factors influencing domestic tourist attendance at cultural attractions in Andalusia, Spain. Journal of Destination Marketing & Management

Pandensolang, JD dan Tawas, HN.(2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk, Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cola – Cola Pada PT. Bangun Wenang Beverges Company Di Manado.

Pemerintah Kota Bandung. 2006. Rencana Induk Pengembangan Pariwisata. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. https://www.bandungtourism.com/files/PERDA_01-2013_RIPPDA_1.pdf. Diakses Tanggal 24 April 2017.

Pitana, I Gde.dan Surya Diarta, I Ketut. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta : Penerbit Andi.

PPID Kota Bandung. Data Kunjungan Wisatawan Kota Bandung. https://ppid.bandung.go.id/knowledgebase/data-kunjungan-wisatawan-yang-datang-ke-kota-bandung-tahun-2010-2015/. Diakses tanggal 24 April2017.

Syahrul, Alfattory Rheza. (2015). “Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Aksebilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkujung Kembali Ke Aloita Resort Di Kabupaten Kepulauan Mentawaiâ€, dalam JurnalResearch of Education and Develpoment.7(1),71 -82.

Yudhhistira, G. & Octavia, D. (2016).Analisis daya tarik kota bandung sebagai destinasi pariwisata berdasarkan Memorable tourism experience. Telkom University

Diterbitkan

2019-01-26

Cara Mengutip

Krimayanti, K., Maryani, E., & Somantri, L. (2019). PENGARUH FAKTOR GEOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA BANDUNG. Tourism Scientific Journal, 4(1), 67-77. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.49

Terbitan

Bagian

Articles