EVALUASI MEREK BANGSA “ULTIMATE IN DIVERSITY” DALAM KAMPANYE PEMASARAN PARIWISATA

Authors

  • Romeyn Perdana Putra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi satu kebijakan merek bangsa (nation brand)- Ultimate in Diversity (UiD). Implementasi merek bangsa menghadapi tantangan terkait kebijakan. Sasarannya adalah untuk mengevaluasi kebijakan UiD dalam area manajemen pemasarannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis interpretasi-naratif berdasarkan hasil wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah dan data sekunder. Ulasan ini menjabarkankan temuan bahwa terdapat kesenjangan antara perencanaan dengan kondisi aktual yang ada dilapangan. Pertama, tidak terproyeksikannya mantra kampanye “Ultima dalam perbedaan†dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Kedua, masih sulitnya sinergi kampanye antara pusat dan daerah dalam merek bangsa.

Kata kunci: Kebijakan Ultimate in Diversity, Merek Bangsa, Evaluasi Pemasaran

Published

2016-06-01

How to Cite

Perdana Putra, R. (2016). EVALUASI MEREK BANGSA “ULTIMATE IN DIVERSITY” DALAM KAMPANYE PEMASARAN PARIWISATA. Tourism Scientific Journal, 1(2), 196-215. https://doi.org/10.32659/tsj.v1i2.12