PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP CITRA PERGURUAN TINGGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA DI STKIP PASUNDAN CIMAHI

Authors

  • Indah Nur Agustiani STIEPAR YAPARI, Bandung
  • Rieke Sri Rizki Asti Karini STIEPAR YAPARI, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.34

Abstract

Pendidikan telah mengalami perubahan dalam era globalisasi. Berbagai strategi ditempuh di bidang ini untuk dapat memenangkan persaingan, salah satunya adalah PTS STKIP pasundan cimahi dimana ikut bersaing dalam industri pendidikan, persaingan dalam bisnis pendidikan dalam menjaring mahasiswa baru sangatlah ketat. STKIP pasundan cimahi dalam meningkatkan mahasiswanya juga diperlukan citra yang baik karena diharapkan dapat menghasilkan sesuatu kualitas yang tinggi dan sesuai atas permintaan konsumen. Maka dari itu salah satu upaya untuk meningkatkan keputusan menjadi mahasiswa di STKIP pasundan cimahi adalah dengan memaksimalkan word of mouth marketing terhadap citra perguruan tinggi di STKIP Pasundan Cimahi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif, dan metode yang digunakan adalah explanatory survey dengan teknik sampling simple random sampling, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah path analyisis (analsis jalur).

Hasil penelitian menunjukan pengaruh Pengaruh Word of Mouth Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perguruan tinggi. Pengaruh Word of Mouth Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi mahasiswa. Pengaruh citra perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi mahasiswa. Adapun saran-saran untuk perguruan tinggi dalam meningkatkan keputusan menjadi mahasiswa di STKIP pasundan cimahi adalah melalui pengembangan word of mouth marketing yang lebih menarik, kreatif, inovasi, efektif dan efisien.

Kata Kunci: Word of Mouth Marketing, Citra Perguruan Tinggi, Keputusan Menjadi Mahasiswa.

Published

2018-02-12

How to Cite

Agustiani, I. N., & Asti Karini, R. S. R. (2018). PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP CITRA PERGURUAN TINGGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA DI STKIP PASUNDAN CIMAHI. Tourism Scientific Journal, 3(1), 31-57. https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.34

Issue

Section

Articles