INDENTIFIKASI DAYA TARIK PARIWISATA PERKOTAAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA MATARAM LOMBOK

Authors

  • Yustisia Pasfatima Mbulu Universitas Pancasila
  • Riza Firmansyah Universitas Pancasila
  • Nungky Puspita Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan elemen pokok pariwisata perkotaan sebagai daya tarik wisata kota di Mataram Lombok dan mengidentifikasikan pengembangan pariwisata perkotaan terhadap tingkat kunjungan wisatawan di Mataram Lombok. Pengumpulan data melalui survei atau observasi lapangan, wawancara, dan melakukan FGD dengan Dinas Pariwisata kota Mataram Lombok, ASITA, PHRI, Pengelola Destinasi, dan Tokoh Masyarakat. Serta menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity dan Treath analysis). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa elemen pokok pariwisata perkotaan yang terdiri dari Kota Bersejarah (Historic District), Kawasan Pinggiran Pantai (Waterfronts), Pusat Konvensi dan Pameran (Convention Center and Exhibitions), Festival dan Acara (Festivals & Events), Daerah Wisata Perkotaan (Special Visitor District), Warga & Karyawan yang mendukung pariwisata (Tourism Employees and Residents as City Advocates), Fasilitas Ritel dan Katering (Retail and Catering Facilities) hanya ada satu elemen yang tidak di penuhi oleh kota Mataram Lombok sebagai daya tarik wisata kota yaitu unsur Pusat Konvensi dan Pameran (Convention Center and Exhibitions). Sedangkan pengembangan pariwisata perkotaan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dengan cara kerjasama dengan pihak travel untuk merancang paket wisata khusus kota mataram, pihak swasta untuk menambah armada angkutan massal, membentuk pusat informasi khusus pariwisata perkotaan, membuat fasilitas bagi wisatawan yang lanjut usia dan berkebutuhan khusus, bekerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membangun gedung pusat konvensi, koordinasi antar SKPD untuk membuat petunjuk arah dalam dua bahasa, bekerjasama dengan instansi terkait dalam pembangunan saluran air bersih, Koordinasi dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat dan pihak airlines untuk penambahan rute penerbangan internasional, Bekerjasama dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat dan pihak swasta untuk mempromosikan agenda festival yang ada dikota Mataram Lombok.

Kata Kunci: Elemen Pokok Pariwisata Perkotaan, Pariwisata Perkotaan dan SWOT

Published

2018-02-12

How to Cite

Mbulu, Y. P., Firmansyah, R., & Puspita, N. (2018). INDENTIFIKASI DAYA TARIK PARIWISATA PERKOTAAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA MATARAM LOMBOK. Tourism Scientific Journal, 3(1), 74-91. https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.36

Issue

Section

Articles