IDENTIFIKASI BAURAN PEMASARAN 7P DI FORESTHREE KITCHEN KOTA BOGOR

Authors

  • yustisia Pasfatima Mbulu Universitas Pancasila
  • Dea Herwanda Universitas Pancasila
  • Febrika Pratama Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.73

Keywords:

Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep restoran kekinian dan menganalisis bauran pemasaran jasa berdasarkan 7P di ForesThree Kitchen Bogor. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan manajer Restoran serta pengunjung restoran. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konsep restoran kekinian di ForesThree Kitchen Bogor sudah dipenuhi dengan 3 aspek yaitu aspek atmosfer yang sangat khas sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Mengusung konsep alam sehingga memiliki kesan asri bagi restoran kekinian tersebut. Aspek kualitas makanan juga dijaga dengan baik dengan menggunakan bahan-bahan segar yang diperoleh dari petani lokal dan diolah dengan baik. Aspek kualitas layanan menjadi hal yang sangat penting karena berkaitan dengan kepuasan pengunjung di ForesThree Kitchen Bogor serta selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pengunjung dengan memberikan pelayanan yang baik dan tepat waktu. Hasil analisis bauran pemasaran 7P di ForesThree Kitchen Bogor sebagai restoran kekinian di kota Bogor dari aspek product mencakup bahan baku yang digunakan dalam pembuatan produk, kualitas produk, merek, kemasan, label, hingga jenis-jenis produk yang ditawarkan kepada konsumen sudah di penuhi semua. Promotion merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan pasar sasaran atas produk dan perusahaan agar bersedia menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan sudah dilakukan oleh ForesThree Kitchen Bogor. Price dapat diukur melalui harga produk pesaing, diskon atau potongan harga yang diberikan serta variasi sistem pembayaran yang ditawarkan sudah dipenuhi oleh ForesThree Kitchen Bogor. Place merupakan saluran pemasaran, kumpulan dan pengaturan lokasi, persediaan dan transportasi sudah dipenuhi oleh ForesThree Kitchen Bogor. People merupakan orang yang memiliki andil dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen selama proses pembelian sudah dipenuhi oleh ForesThree Kitchen Bogor. Process meliputi berbagai tahap yang dilalui konsumen dalam mengambil keputusan sudah dipenuhi oleh ForesThree Kitchen Bogor. Physical evidence merupakan faktor pendukung utama setelah product yang disajikan dan semua faktor pendukung tersebut sudah dipenuhi oleh ForesThree Kitchen Bogor.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Konsep Restoran Kekinian.

References

Anonim. 2014. Perkembangan Usaha Restoran/Rumah Makan Berskala Menengah dan Besar Menurut Provinsi. http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=114&id=1430 (di akses 10 November 2018)

Anonim. 2014. Rekapitulasi Perkembangan Usaha Restoran/Rumah Makan Berskala Menengah dan Besar. http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=114&id=1429 (di akses 10 November 2018)

Bartono, P. H., & Ruffino, E. M. (2005). Food Product Management di Hotel dan Restoran. Yogyakarta.

Buchory, Herry Achmad & Saladin, Djaslim .2010. Manajemen Pemasaran ( Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi & Tanya Jawab ). Bandung: Linda Karya.

Chandra, Gregorius.(2002). Strategi dan Program Pemasaran. Edisi 1. Andi Yogyakarta.

Gregoire Mary B., Greathouse Karen R. (2010) Research Contribution. Who Will Direct Hospital Foodservice Departments in the Future? Journal of Foodservice Management & Education, Volume 4(1):1 – 4.

Intani, S. (2015). Perencanaan Ekowisata Kuliner di Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2001). Principle of Marketing : 9th Edition. New Jersey: prentice Hall.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Bnejamin Molan, Edisi 11, jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2009). Marketing Management: 13th Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Levy & Wietz K. 2007. Marketing Research, an Applied Orientation, Second Edition. Singapore: Prentice Hall inc.

Margi, I. K., Panti, R., Ni, A., Ary, M., Ni, W., & Suriani, M. (2013). Identifikasi Potensi Wisata Kuliner Berbasis Bahan Baku Lokal Di Kabupaten Buleleng , Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 257–264.

Nirwana.(2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Dioma, Malang.

Pemerintah Kota Bogor. 2016. Jumlah Wisatawan 2017 Diprediksi Naik. https://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/5721/jumlah-wisatawan-2017-dipr.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono,Fandy (2005). Pemasaran Jasa. Edisi 1. Bayumedia Publishing,Malang.

Published

2019-12-24

How to Cite

Mbulu, yustisia P., Herwanda, D., & Pratama, F. (2019). IDENTIFIKASI BAURAN PEMASARAN 7P DI FORESTHREE KITCHEN KOTA BOGOR. Tourism Scientific Journal, 5(1), 19-33. https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.73

Issue

Section

Articles