PENGARUH KUALITAS ATRIBUT PRODUK PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE KABUPATEN SUMEDANG

Penulis

  • Taufik Abdullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taufansyah Firdaus STIEPAR Yapari Aktripa

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v1i1.4

Abstrak

Pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian suatu daerah. Semenjak adanya peraturan tentang otonomi daerah, setiap kabupaten dan kota berusaha untuk meningkatkan perekonomiannya dengan mengandalkan kegiatan pariwisata. Kabupaten Sumedang juga termasuk daerah yang turut serta mengembangkan pariwisatanya, hanya saja kondisi yang terjadi adalah kepariwisataan di Kabupaten Sumedang tidak se-booming kabupaten lainnya. Perlu adanya upaya meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Kabupaten Sumedang melalui kualitas atribut produk pariwisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, dengan jumlah 250 responden. Hasil kuesiner dianalisis dengan analisis korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas atribut produk pariwisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Sumedang. Terdapat variasi besaran pengaruh dari masing-masing sub variabel kualitas atribut produk pariwisata.

Kata Kunci: Atribut Produk Pariwisata, Keputusan Berkunjung

 

Diterbitkan

2015-07-01

Cara Mengutip

Abdullah, T., & Firdaus, T. (2015). PENGARUH KUALITAS ATRIBUT PRODUK PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE KABUPATEN SUMEDANG. Tourism Scientific Journal, 1(1), 43-60. https://doi.org/10.32659/tsj.v1i1.4

Terbitan

Bagian

Articles